Home

PHOTO GALLERY

OUR SERVICE

ARTICLE (ENGLISH)

OUR PRODUCT

Contact

ARTIKEL (INDONESIA)

International Travelling & Photos

Accessory Gallery
Motret Apik
Motret Apik mean taking good pictures
Malacca
Singapore
Dari Singapore ke Phuket lewat darat.
Sekilas Bangkok dan floating market
Sepintas Stockholm
Roma kota tua yang exotic
Alam Switzerland yg indah
Tips untuk perjalanan darat dari Singapore ke Bangkok
Tips untuk perjalanan darat dari Singapore ke Bangkok

 

Oleh: Handayana.

Perjalanan ini sudah pernah saya lakukan beberapa kali dengan cara dan tempat transit berbeda. Mula mula dengan pesawat terbang, perjalanan lain kombinasi pesawat, kereta dan bus. Kali ini 100% menggunakan bus dan ferry untuk melihat lebih detail sambil berwisata diperjalanan. Dari pengalaman beberapa kali tentunya menjadi lebih effisien dengan target jangkauan lebih luas dan beraneka.

Seperti biasa sebelum bepergian (untuk waktu cukup lama) saya selalu membuat jadwal berangkat, dimana akan menginap dan kendaraan apa yang akan dipakai termasuk perkiraan biaya. Semua dapat dicari di internet termasuk harga dan cara bookingnya.  Kali ini saya hanya booking pesawat dari Indonesia ke Negara pertama dan pesawat pulang dari negera terakhir kunjungan. Karena saya berangkat dari Bandung ke Singapore dan pulang dari Bangkok ke Jakarta, ya kedua pesawat ini yg harus dibooking dulu. Ini strategi agar dapat harga pesawat yg murah sebab makin dekat dengan hari keberangkatan harganya makin mahal. Diantara Singapore sampai Bangkok baru kita isi dengan rencana perjalanan darat, naik apa dan dimana akan berhenti. Tentukan beberapa etape pendek supaya cukup istirahat dan bila harus cuci pakaian. Beberapa kota besar atau tempat dimana banyak yang dilihat saya sempatkan menginap 2 hari, sisanya cukup sehari. Dari Singapora bisa mulai etape pertama sampai Malaka, kemudian Kuala Lumpur, Cameron, Penang, Langkawi, Hat Yai, Phuket terus ke Bangkok. Setiap 3-4 hari perjalanan disempatkan mencuci pakaian missal di KL, Penang, Langkawi, Phuket atau Bangkok. Maka ditempat tempat ini saya menginap 2 hari selain cukup istirahat dan banyak yang dilihat, juga sempat mencuci pakaian yang langsung kering dari mesin pengering.   

Penginapan perlu juga di booking, carilah yang flexible jika harus reschedule atau membatalkan. Dari beberapa provider memang berbeda syarat pembatalan atau reschedule, ini perlu dibaca dan dipelajari dengan cermat. Perjalanan darat jika naik bus tidak perlu booking lebih dulu, ini pengalaman saya dari beberapa kali perjalanan ternyata bus antar kota banyak dan mudah setiap saat bisa langsung beli ditempat. Demikian pula tour dengan kapal atau bus, selalu bisa dibeli on the spot bahkan harganya sering lebih murah dibandingkan pesan online. Ferry di Penang dan Langkawi juga bisa langsung beli ditempat. Tour di Phuket juga demikian bahkan sesampainya di terminal bus Phuket banyak yang menawarkan tour tour singkat ke Pulau pulau sekitar. Biasanya kita akan dijemput ditempat penginapan atau kalau harus menuju ke terminal pemberangkatan kita tahu tempatnya dibandingkan kalau harus booking on line. 

Oh ya cara saya bepergian selalu ala back packer, ini artinya kita akan lebih sering berjalan kaki, naik kendaraan umum cari penginapan murah namun layak dan tidak banyak membawa perlengkapan yang tidak perlu. Baju selalu secukupnya dan dischedulkan untuk dapat mencuci pakaian diperjalanan.  Banyak tempat cuci mandiri sampai kering dan banyak juga penginapan yang menyediakan seterika. Hampir semua kota di Malaysia dan Thailand dimana banyak penginapan, disekitarnya pasti ada self service laundry.  Kalau meninap di hotel berbintang selain laundry hotel yg mahal, biasanya ada self service laundry juga, anda tinggal beli sabun dan sedia coin. Cara begini jauh lebih murah dibandingkan dengan harus laundry di hotel atau bawa pakaian banyak.

Memilih penginapan dekat dengan public transport dapat dilakukan lewat internet, cari tau petanya dan apakah kita siap berjalan kaki menuju penginapan dari public transport. Kalau saya masih bilangan jarak dibawah 1 Km masih masuk dalam daftar rekomendasi. Baik kita dating lewat kereta, atau bus, bahkan pesawat terbang, hampir disemua kota moda angkutan kota sudah terintegrasi.  Di Kuala Lumpur ada bus gratis hampir semua rute dan di Bangkok (Suvarnabhumi Airport) jika anda sudah booking hotelnya datanglah ke Gate #4 disana banyak hotel yang menyediakan jemputan gratis bagi tamu tamunya. Meskipun nama anda tidak terpampang dipapan penjemputan kita tetap akan dilayani dengan baik, tunjukkan bukti booking anda, semuanya free of charge begitu pula waktu check out.

Memesan bus antar kota di semenanjung Malaysia sampai perbatasan Thailand kita bisa datang langsung ke terminal bus. Sekarang di Kuala Lumpur punya Terminal terpadu namanya Terminal Bersepadu Selatan (TBS), semua moda transportasi dilayani dalam satu terminal, baik Bus antar kota, Bus antar Negara, Kereta api sampai kereta ke dan dari KLIA (Kuala Lumpur International Airport). Semua fasilitas mudah bahkan bagi pendatang baru dan sangat tertib. Jika anda mau bepergian keluar kota dengan bus, cari tahu dulu waktu berangkat dari internet supaya anda tidak kelamaan menunggu. Demikian juga jarak keberangkatan tiap bus nya. Dari pengalaman saya ternyata harga yang dipampang di internet lebih mahal dari harga di tempat (terminal) selisihnya bisa 2-3 Ringgit. Kalau anda terlalu pagi sampai di KL sementara waktu check in Hotel umunya jam 2 siang, supaya effisien waktu anda dapat titipka bawaan anda di terminal terus lanjutkan jalan jalan. Untuk di KL supaya dekat ke kota ambil saja bus atau MRT ke KL Central, disana ada locker mulai dari kecil sampai koper besar dengan harga bervariasi. Mandi juga dapat dilakukan di terminal dengan fasilitas mandi air panas dan tempat ganti pakaian sendiri dengan membayar beberapa Ringgit Malaysia.   

Naik bus dari Singapore sepanjang semenanjung Malaysia sampai perbatasan Thailand (Hatyai) memang nyaman. Bus antar kota selalu bus besar dengan formasi tempat duduk 1-2, satu disebelah kiri dan dua disebelah kanan (deretan belakang sopir). Bus bus buatan Eropa biasanya hanya diisi 28 atau 30 tempat duduk sehingga cukup nyaman untuk jarak jauh. Saya sudah gonta ganti bus lebih 6 kali dari berbagai perusahaan, hampir semuanya sama. Bus bus ini sama dengan bus bus antar Negara di Eropa. Mengemudikan bus juga tertib dengan kecepatan dan cara mengemudi yang tertib dan nyaman. Ada beberapa bus yang bergantian sopir jika waktu tempuh lebih dari 3 jam untuk antisipasi sopir ngantuk di jalan bebas hambatan. Pada umumnya didalam bus dilarang makan, untuk menjaga kebersihan bus. Jangan takut sebab akan diberi waktu istirahat untuk sekedar makan dan ke toilet di rest area. 

Perusahaan bus Malaysia biasanya hanya bisa beroperasi sampai  propinsi yang barbatasan dengan Malaysia. Saya pernah sampai Hat Yai (Thailand) kemudian ganti bus dari Hat Yai ke Phuket dengan bus Thailand. Jika mau meneruskan sampai Bangkok bisa juga dengan pilihan Bus, Kereta Api atau Pesawat Terbang.  Silahkan pertimbangkan waktu dan biayanya.

 






HomePHOTO GALLERYOUR SERVICEARTICLE (ENGLISH)OUR PRODUCT ContactARTIKEL (INDONESIA)International Travelling & PhotosAccessory Gallery