Home

PHOTO GALLERY

OUR SERVICE

ARTICLE (ENGLISH)

OUR PRODUCT

Contact

ARTIKEL (INDONESIA)

International Travelling & Photos

Accessory Gallery
Motret Apik
Motret Apik mean taking good pictures
Malacca
Singapore
Dari Singapore ke Phuket lewat darat.
Sekilas Bangkok dan floating market
Sepintas Stockholm
Roma kota tua yang exotic
Alam Switzerland yg indah
Tips untuk perjalanan darat dari Singapore ke Bangkok
Sepintas Stockholm

 

oleh :Handayana

Saya berkesempatan mengunjungi Swedia pada bulan Mey 2016. Setelah terbang dari Jakarta selama 12 jam dalam pesawat Turkish Air sampai Istanbul ditambah 3 jam dari Istanbul ke Arlanda Airport, kami mendarat jam 10:35 waktu Swedia. Di Airport kami membeli kartu untuk transportasi selama di Stockholm yang berlaku 72 jam, seharga 230 kronor. Ticket ini berlaku untuk semua sistem transportasi di Stockholm. Ada beberapa pilihan masa berlaku dari 1 hari, 3 hari sampai 1 bulan. Sistem transportasi di Stockholm sangat teratur dan terpadu hampir semua pembayaran memakai kartu, setidaknya selama disana saya tidak pernah melihat orang bayar cash. Demikian pula untuk berbelanja rata rata orang menggunakan kartu debet yang juga berfungsi sebagai ATM.

   
Sistem transportasi darat di Stockholm.

Pada bulam May 2016 ini temperatur masih 13 C waktu kami mendarat, meski diluar matahari bersinar terik tapi udara terasa dingin. Sangat enak untuk duduk duduk diluar bahkan disaat tengah hari banyak orang berjemur di taman taman sambil menikmati kopi atau sekedar baca buku.

  
 
Berjemur sangat matahari memberi kehangatan 

Siang sangat panjang pada spring saat ini. Subuh sudah dimulai jam 2:40 sedangkan matahari sudah terbit sebelum jam 4 pagi. Jam 9 malam masih terang benderang sebab magrib baru jam 9:30 an malam. Jadi kalau bulan puasa yg akan jatuh diawal Juni, dapat dipastikan setidaknya 20 jam lamanya.

  

Jalan jalan di kota

Jalan jalan di Stockholm sungguh menyenangkan selain ditunjang oleh sistem transportasi yang baik, juga rasa aman didalam kendaraan maupun ditempat umum sangat terasa. Hampir semua fasilitas umum dilengkapi dengan kemudahan untuk dissability person. Sangat disayangkan toilet tidak begitu mudah ditemukan ditempat umum. Sangat berbeda dengan dikota kota di Asia (tenggara) yg mudah dan gratis atau murah. Kalau ingin mencari toilet paling dapat mengunjungi Mc Donald, seperti di MD kita masih harus menyelipkan 5 kronor untuk membuka pintu dengan koin.Supermarketpun jarang yg dilengkapi dengan toilet umum. Toilet yg berbayar kalau kebetulan sedang dipakai orang baru kita bisa menunggu dan menahan pintu tetap terbuka waktu orang tersebut keluar. Ini salah satu cara menyelinap kalau tdk punya koin 5 kronor atau ingin gratisan.


                      

Gedung gedung negara di Stockholm.


Melihat lihat kota Stockholm sungguh menyena ngkan, kota ini sebenarnya kumpulan dari beberaa pulau kecil yang dihubungkan oleh jembatan. Karena beberapa plulau kecil ini sudah terintegrasi oleh jaringan jembatan, jalan kereta dan lorong, kita hampir tidak sadar kalau sebenarnya pindah dari satu pulau ke pulau lain. Meski tidak sepopuler Amsterdam, Roma atau Paris, Stockholm juga banyak menyimpan bangunan kuno dan antik. Arsip Nasional, Museum Kapal (Vasamuseet), Gamla Stan, Parliemant House, City Hall, Nobel Museum, Grona Lund, Istana dan kediaman Raja Drottningholm, Nordic Museum, Royal Swedis Opera, adalah beberapa tempat yang patut dikunjungi. Banyaknya selat tentunya banyak juga perahu dan kapal berlabuh, baik kapal besar seperti Cruise atau perahu perahu yacht menambah indahnya Stockholm.

 

Kurs: 1 Swedia Kronor = Rp 1.657.

 






HomePHOTO GALLERYOUR SERVICEARTICLE (ENGLISH)OUR PRODUCT ContactARTIKEL (INDONESIA)International Travelling & PhotosAccessory Gallery