Home

PHOTO GALLERY

OUR SERVICE

ARTICLE (ENGLISH)

OUR PRODUCT

Contact

ARTIKEL (INDONESIA)

International Travelling & Photos

Accessory Gallery
Motret Apik
Motret Apik mean taking good pictures
Asyiknya Hunting Pasar Tradisional
Tips Motret Pertunjukan di Panggung
Belajar foto wedding
Tips memotret didepan pelaminan
Tips foto di ministudio
Mengenal HDR
Pengalaman motret di Saudi saat musim haji 1995
Membangun kemitraan dengan model
Kapan dan Mengapa menggunakan Manual
Melukis dengan cahaya
Hunting sekitar Semarang
Apakah Fotografi High Key (HK)
Optical Zoom dan Digital Zoom
Merancang album foto sejak pemotretan
Tips aman motret dilaut
Foto Udara
Foto Potret
Foto Potret

Lain dengan fotografi  landscape, foto portrait sedikit lebih memerlukan keahlian. Setidaknya fotografi potret jangan sampai mendapat complain dari model sebagai orang yang di foto. Akan lebih baik jika orang yang di foto merasa lebih cantik atau ganteng  dari aslinya.

Selain mengusahakan untuk tidak mendapat complain, potret fotografi juga harus dapat menampilkan karakter. Karakter dimaksud dapat berupa karakter asli orang yang difoto atau karakter lain yang ingin ditampilkan sebagai model.

Karena pada potret fotografi objek utama memotretan ada pada wajah, maka harus diperhartikan beberapa hal.

-     - Hampir semua orang tidak suka wajahnya kelihatan gemuk. Efek wajah menjadi gemuk disebabkan oleh panjang focal lensa atau sudut pengambilan. Panjang focal lensa yang paling ideal adalah antara 70mm sampai 150mm.

Lensa khusus untuk potret umumnya memiliki focal 85mm, 90mm, atau 135mm. Lensa dengan sudut lebar akan menghasilkan distorsi lebih dibandingkan lensa sudut sempit. Cembung lensa sudut lebar akan menghasilkan distorsi lebih besar bila posisi lensa membuat sudut, dan berkurang pada posisi horozontal.

- Pethatikan sudut pengambilan foto.

Sudut pengambilan lebih rendah dari garis mata akan menghasilkan efek lubang hidung tampak menonjol, umumnya ini akan menghasilkan foto potret yang tidak bagus. Sebaliknya sudut pengambilan terlalu tinggi akan menghasilkan pandangan mata seperti melotot. 

-    - Tanyakan dari sisi mana lebih suka difoto. Sebagian orang merasa lebih cantik atau ganteng dari sisi tertentu. Mereka sebagai pemilik wajah lebih mengenal dirinya dari pada sang fotografer yang baru kenal. Lain dari itu rasa percaya diri orang yang difoto juga perlu dipertimbangkan. Miringkan badan sedikit menghadap ke kanan atau kekiri akan lebih kelihatan relax.

-    - Tersenyum umumnya akan menghasilkan foto yang bagus, namum jangan minta tersenyum sebelum anda siap menekan pembuka rana, tersenyum terlalu lama sebelum anda siap hanya akan menghasilkan senyum yang kelihatan tidak alami sebab otot sekitar mulut, bibir dan pipi cepat lelah dan bahkan akan bergetar mempertahankan senyuman.

-    - Akhirnya arahkan pandangan, sudut tegak kepala, kemiringan dan senyum sebelum anda menekan pembuka rana, bagaimanapun posisi orang yang dipotret sering tidak sadar kalau kepalanya suka miring atau senyumnya tidak wajar.

-     - Perhatikan untuk wajah dengan karakter khusus. Mengenai Tip motret wajah dengan karakter khusus ini akan dibahas pada rubric tersendiri.

 

Selamat mencoba.

 


 

 






HomePHOTO GALLERYOUR SERVICEARTICLE (ENGLISH)OUR PRODUCT ContactARTIKEL (INDONESIA)International Travelling & PhotosAccessory Gallery