Home

PHOTO GALLERY

OUR SERVICE

ARTICLE (ENGLISH)

OUR PRODUCT

Contact

ARTIKEL (INDONESIA)

International Travelling & Photos

Accessory Gallery
Motret Apik
Motret Apik mean taking good pictures
Asyiknya Hunting Pasar Tradisional
Tips Motret Pertunjukan di Panggung
Belajar foto wedding
Tips memotret didepan pelaminan
Tips foto di ministudio
Mengenal HDR
Pengalaman motret di Saudi saat musim haji 1995
Membangun kemitraan dengan model
Kapan dan Mengapa menggunakan Manual
Melukis dengan cahaya
Hunting sekitar Semarang
Apakah Fotografi High Key (HK)
Optical Zoom dan Digital Zoom
Merancang album foto sejak pemotretan
Tips aman motret dilaut
Foto Udara
Foto Potret
Merancang album foto sejak pemotretan

 

Oleh:  Handayana

Merancang tata letak foto dalam album (display) tak kalah pentingnya dengan pemotretan. Apalagi jika album tersebut untuk peristiwa penting seperti pernikahan, ulang tahun atau acara adat yang perlu alur cerita. Banayak orang setelah selesai pemotretan dan coba hendak menyusun hasilnya menjadi sadar kalau susunannya tidak enak dinikmati. Hasil foto bagus dan tajam tapi kok sepertinya kurang bercerita, kenapa ya?
Coba anda perhatikan hal hal dibawah ini.
-         Apakah susunan dalam album sudah sesuai dengan urutan peristiwa hal ini penting khususnya untuk album pernikahan
-         Apakah dalam sekali buka halaman album bagian kiri dan kanan (kecuali halaman pertama dan terakhir tentunya) foto yang di display ceritanya menyambung?
-         Apakah terlalu banyak foto dalam halaman album?
-         Dan hal hal estetika lain yang tidak dapat diterangkan, seperti warna, tulisan, garis garis, frame dan ukuran hendaknya dapat disesuaikan.
Beberapa tips waktu memotret untuk album
-         Jika dalam acara pernikahan atau ceremony lain ada sambutan, janganlah memotret close up tanpa dihadirkan latar belakang yang dapat bercerita dalam peristiwa apa orang tersebut memberi sambutan. Untuk ini anda dapat mengambil sudut dari samping agar tampak beberapa hadirin dilatar belakang atau disebelah kiri atau kanannya.
-         Jika hal ini tidak memungkinkan karena keterbatasan ruang misalnya. Anda dapat mengambil dua moment antara sambutan dengan hadirin dengan perbandingan komposisi yang seimbang untuk nanti dapat didisplay pada halaman album yang sama.
-         Perhatikan waktu mengambil sambutan misalnya dari sisi kiri menghadap kekanan dan waktu mengambil hadirin dari sisi kanan menghadap kekiri album. Display kedua foto diatas berhadapan dalam halaman yang sama atau dua halaman dengan posisi saling berhadapan.

Usahakan dapat memotret rangkaian acara dalam berbagai sudut pandang. Ini perlu agar diperolah foto hadap kanan dan hadap kiri, beberapa boleh secara frontal untuk foto bersama misalnya



Contoh dua agedan beda waktu pemotretan yang disatukan dalam dua halaman album. 
Contoh acara makan disusun dalam dua halaman bersebelahan. Display makanan diambil sebelum acara makan dimulai. Kedua sisi halaman seharusnya bertema sama

 
-         Ketika acara makan, biasanya terjadi antrian didepan makanan yang dihidangkan, usahakan dapat mengambil posisi didalam atau berseberangan dengan antrian tersebut agar leluasa mendapat sudut bidik yang luas dan menghadap antrian.
-         Boleh juga mengambil foto makanan sebelum disentuh hadirin untuk nantinya menjadi sisipan dihalaman album.



-          Perlu difikirkan foto foto yang dapat disisipkan di album misalnya foto hiasan atau vas bunga, pelaminan kosong, pernak pernik acara adat, cincin pernikahan, atau mahar/ hantaran dsb untuk menjadi latar belakang pada halaman judul album didepan.  




Contoh Halaman judul.





HomePHOTO GALLERYOUR SERVICEARTICLE (ENGLISH)OUR PRODUCT ContactARTIKEL (INDONESIA)International Travelling & PhotosAccessory Gallery