Home

PHOTO GALLERY

OUR SERVICE

ARTICLE (ENGLISH)

OUR PRODUCT

Contact

ARTIKEL (INDONESIA)

International Travelling & Photos

Accessory Gallery
Motret Apik
Motret Apik mean taking good pictures
Asyiknya Hunting Pasar Tradisional
Tips Motret Pertunjukan di Panggung
Belajar foto wedding
Tips memotret didepan pelaminan
Tips foto di ministudio
Mengenal HDR
Pengalaman motret di Saudi saat musim haji 1995
Membangun kemitraan dengan model
Kapan dan Mengapa menggunakan Manual
Melukis dengan cahaya
Hunting sekitar Semarang
Apakah Fotografi High Key (HK)
Optical Zoom dan Digital Zoom
Merancang album foto sejak pemotretan
Tips aman motret dilaut
Foto Udara
Foto Potret
Optical Zoom dan Digital Zoom
Memahami optical zoom dan digital zoom
oleh: Handayana
Zoom dalam camera adalah usaha mendekatkan gambar agar kelihatan lebih besar sehingga lebih jelas dilihat.
Pada jaman camera analog, kita sudah mengenal zoom untuk memperbesar gambar. Pada waktu itu usaha untuk itu hanya dengan menggunakan lensa panjang atau sering disebut lensa tele yang bertitik focus tetap. Kemudian muncul lenza zoom vario dimana titik focus bervariasi. Dalam ilmu optic melakukan zoom adalah memperbesar sudut jatuh pada mata kita sehingga gambar menjadi kelihatan lebih besar . Ini dapat dilakukan dengan susunan beberapa lensa sehingga gambar yang semestinya datang dengan sudut kecil menjadi bersudut besar. Makin besar rentang titik focus makin banyak dan rumit susunan lensa didalamnya. Inilah yang kemudian disebut sebagai optical zoom.
Dengan munculnya camera digital, sekarang kita mengenal istilah digital zoom. Banyak awam masih bingung apa perbedaan keduanya dan mana yang lebih bagus.
Digital zoom ini adalah usaha memperbesar gambar dengan cara mendekatkan gambar tersebut kemata kita supaya sudut datang menjadi besar. Ini seperti halnya anda sudah punya gambar kemudian ketika hendak dicetak anda minta sebagian gambar dihilangkan dan hanya bagian yang anda kehendaki saja yang dicetak dengan ukuran menjadi lebih besar.
Digital zoom dan optical zoom dapat dikombinasikan seperti pada camera digital saat ini. Misal disebutkan optical zoom 3x dan digital zoom 5x artinya setelah maximum optical zoom tercapai maka digital zoom gentian bekerja meng cropping gambar yang telah ditangkap oleh optical zoom tadi menjadi lebih besar lagi.
Pertanyaannya, mana yang lebih bagus?
Dengan memahami hal ini anda pasti dapat menjawab pertanyaan ini. Optical zoom menangkap gambar dalam jumlah titik tertentu katakanlah dalam satu inch persegi = 10.000 titik. Kemudian gambar ini dibuat digital zoom dimana sebagian gambar dibuang atau sebagian titik dibuang dengan cara cropping misal menjadi 6.000 titik kemudian dibesarkan kembali dengan ukuran sama satu inch. Hasil gambar menjadi lebih besar tetapi jarak antara titik menjadi lebih jarang bukan atau kualitas gambar berkurang.
Nah mana yang lebih bagus?........ Ya jawaban anda benar !   





HomePHOTO GALLERYOUR SERVICEARTICLE (ENGLISH)OUR PRODUCT ContactARTIKEL (INDONESIA)International Travelling & PhotosAccessory Gallery