Home

PHOTO GALLERY

OUR SERVICE

ARTICLE (ENGLISH)

OUR PRODUCT

Contact

ARTIKEL (INDONESIA)

International Travelling & Photos

Accessory Gallery
Motret Apik
Motret Apik mean taking good pictures
Asyiknya Hunting Pasar Tradisional
Tips Motret Pertunjukan di Panggung
Belajar foto wedding
Tips memotret didepan pelaminan
Tips foto di ministudio
Mengenal HDR
Pengalaman motret di Saudi saat musim haji 1995
Membangun kemitraan dengan model
Kapan dan Mengapa menggunakan Manual
Melukis dengan cahaya
Hunting sekitar Semarang
Apakah Fotografi High Key (HK)
Optical Zoom dan Digital Zoom
Merancang album foto sejak pemotretan
Tips aman motret dilaut
Foto Udara
Foto Potret
Tips foto di ministudio

oleh: Handayana

Fotografer wedding sering melengkapi dirinya dengan mini studio. Kenapa disebut mini studio? ya karena fotografer wedding ingin mengabadikan foto pengantin didepan layar studio yang biasanya berwarna dasar seperti layaknya studio foto. Ada yg dasar biru dipadu dengan putih seperti awan, bisa coklat gelap tapi dibuat agak terang ditengahnya atau hitam, merah marun dsb. Karena sifat foto studio ini mobile, maka biasanya rentang lebar layarnya hanya sekitar 3 meter dengan tinggi 2,5 meter. Repotnya fotografer wedding dengan mini studio ini sering dipaksakan untuk memotret keluarga pengantin dengan jumlah yg tidak memadai. Artinya kalau mini studio ini idealnya hanya untuk 2 pengantin plus sepasang orang tuanya, tapi keluarga besarnya ingin juga di foto bersama di mini studio bawaan fotografer wedding. Lah ini sering menghasilkan foto dengan latar belakang diluar layar studio. Celakanya lagi fotografer wedding sering tidak berhasil memberikan pengarahan kepada yg akan di foto tentang kesulitan ini. Lalu bagaimana ya supaya fotografer wedding tidak kehilangan simpati akibat seringnya menolak keinginan di foto ini?
Ada beberapa tip yang biasa penulis gunakan fotografer wedding untuk mengatasinya.
Pertama, waktu setting studio foto untuk mini studio nya, pilih lokasi dimana belakang layar mini studio nya gelap.
Kemudian hilangkan ornamen ornamen yg tidak perlu di kanan kiri layar seperti pot, kursi dsb.
Terakhir, kalau menggunakan tripot untuk tiang layar gunakanlah warna gelap, jangan tiang layar yang berkilau seperti besi dengan crome.
Apasih gunanya? Jaman sekarang kebanyakan fotografer wedding atau bahkan semuanya sudah menggunakan camera digital. Tentunya setelah pemotretan fotografer wedding akan melakukan "olah kamar gelap", dalam hal ini digital editing. Lah, kalau misalnya hasil foto wedding ini bagian pinggirnya out of layar, hal ini mudah untuk di edit.
Kebanyakan fotografer wedding akan menggelapkan bagian pinggir ini, biasanya gradasi makin ke tengah layar makin terang. Proses penggelapan bagian yg out of layar ini lebih mudah bila tidak diganggu dengan warna warna terang tentunya. Memotong bagian yang keluar dari layar juga bisa, ini lebih sulit dan perlu ketelitian. Selamat mencoba.

    

Sebelum di Edit                                                                          Setelah di Edit





HomePHOTO GALLERYOUR SERVICEARTICLE (ENGLISH)OUR PRODUCT ContactARTIKEL (INDONESIA)International Travelling & PhotosAccessory Gallery