Home

PHOTO GALLERY

OUR SERVICE

ARTICLE (ENGLISH)

OUR PRODUCT

Contact

ARTIKEL (INDONESIA)

International Travelling & Photos

Accessory Gallery
Motret Apik
Motret Apik mean taking good pictures
Asyiknya Hunting Pasar Tradisional
Tips Motret Pertunjukan di Panggung
Belajar foto wedding
Tips memotret didepan pelaminan
Tips foto di ministudio
Mengenal HDR
Pengalaman motret di Saudi saat musim haji 1995
Membangun kemitraan dengan model
Kapan dan Mengapa menggunakan Manual
Melukis dengan cahaya
Hunting sekitar Semarang
Apakah Fotografi High Key (HK)
Optical Zoom dan Digital Zoom
Merancang album foto sejak pemotretan
Tips aman motret dilaut
Foto Udara
Foto Potret
Tips Motret Pertunjukan di Panggung

oleh: Handayana

Motret atau mem foto pertunjukan diatas panggung menurutku cukup sulit. Yg utama karena biasanya ada keterbatasan yg dibuat oleh panitya mengenai manuver fotografer supaya tidak mengganggu penonton lain. Peraturan lain ialah tidak diperbolehkannya menggunakan flash, ini biasanya pertunjukan yg sifatnya serius misalnya teater, konsert musik atau pertunjukan lain didalam gedung dimana para penontonnya membayar dan biasanya duduk menurut kelas tiketnya. Karena keterbatasan tsb maka fotografer tidak dapat menggunakan lensa pendek dan hampir tidak mungkin memasang tripot dekat panggung didepan para penonton. Apakah kalau tidak dibatasi oleh panitia fotografer perlu tripot dan flash? Tidak juga, flash menyebabkan hasil foto jadi datar, sedang tripot menjadikan gerakan terbatas dan lambat.
Lalu bagaimana supaya hasil foto bagus?
Ada beberapa tips untuk menghasilkan foto bagus, suasana panggung harus terekam dengan baik, maksud saya biasanya pertunjukan di panggung dilengkapi dengan lampu sorot ber warna warni serta hiasan lain yg akan kelihatan bagus ketika berpadu dengan efek cahaya panggung.
Suasana ini justru akan menjadi "datar" ketika panggung terang benderang. Makanya tanpa flash justru tepat. Masalahnya gerakan orang dipanggung sering begitu cepat sehingga kecepatan shutter fotografer juga harus menyesuaikan. Sudah gelap harus cepat pula, lengkaplah penderitaan si kamera jadinya. Dalam kondisi begitu hanya ISO lah yg bisa menolong. Pengalaman saya sebagai fotografer kadang dengan iso 800 sampai 1000 sudah cukup dapat merekam suasana panggung lengkap dengan lampu-lampu panggung yang relatif redup. Sedang kecepatan shuter asal diatas 1/30 sec (lebih cepat) masih layak untuk hand held artinya tidak perlu tripot. Efek gerak sedikit pada tangan atau kaki biasanya malah menjadi gambar kelihatan hidup. Mengenai sudut bidik, itu terserah selera dan artistik dari tiap fotografer.






HomePHOTO GALLERYOUR SERVICEARTICLE (ENGLISH)OUR PRODUCT ContactARTIKEL (INDONESIA)International Travelling & PhotosAccessory Gallery